Sabtu, 19 November 2011

Waspadai Pencurian Password Melalui PC Tablet



Tak dipungkiri bahwa PC tablet seperti iPad memberikan sensasi baru dalam kegiatan berkomputer baik dari sekedar mengetik, bermain, hingga menjelajah internet. Apapun yang dilakukan di laptop atau komputer desktop bisa diwakilkan oleh perangkat mini yang satu ini.
Meski menawarkan fleksibilitas dalam berkomputer, para penggunanya layak waspada akan pencurian password dengan menggunakan piranti ini. Kegiatan hacking tersebut mungkin dilakukan dengan menggunakan iPad 2 yang telah dilengkapi kamera.
Adalah Haroon Meer yang telah membuat sebuah aplikasi khusus bernama shoulderPad yang memanfaatkan kamera di iPad 2 untuk melihat password yang diketikkan di iPhone atau iPad. Cara kerjanya adalah ketika seseorang mulai mengetikkan password dengan keyboard virtual yang ada di iPad atau iPhone-nya, Anda bisa mengarahkan kamera ke iPad tersebut dan apapun yang diketik di iPad tersebut akan terekam di aplikasi ini.
Hal tersebut mungkin terjadi karena begitu seseorang mengetik dengan keyboard virtual tersebut, tuts yang disentuh akan menyala selama beberapa saat dan tuts-tuts yang menyala itulah yang direkam oleh shoulderPad yang memiliki algoritma untuk mengetahui tuts apa saja yang telah dipilih.
Hal ini membuktikan bahwa meski kata kunci yang telah diketikkan sudah tersamarkan dengan simbol asterisk (*), hal tersebut tidak bisa menjadi jaminan bahwa password dari akun-akun yang Anda miliki aman dari tangan-tangan nakal. Beruntung Haroon Meer tidak menyebarluaskan aplikasi ini pada publik karena menyadari bahwa aplikasi seperti ini lebih rentan pada penyalahgunaan. Meski menjadi ancaman bagi para pengguna iOS, hal seperti ini juga bisa mengincar platform lain seperti Android dan juga BlackBerry karena memiliki konsep keyboard virtual yang sama.
Sudah sepantasnya para pengguna PC tablet mulai memperhatikan sekeliling sebelum berselancar di dunia maya agar password dari akun-akun berharga mereka tidak berpindah tangan dengan adanya aplikasi seperti ini.

sumber :
http://blogs.forbes.com/andygreenberg/2011/07/13/hackers-app-automates-over-the-shoulder-ipad-spying/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar